Es Selendang Mayang Segar Menunda Lapar

Es selendang mayang adalah minuman khas betawi yang enak dan menyegarkan. Selain itu es selendang mayang juga dapat menunda lapar dikarenakan kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Minuman ini cocok disajikan di siang hari saat sedang panas terik.

Kesegaran Es Selendang Mayang Dapat Menunda Lapar

Es Selendang Mayang Segar Menunda Lapar
Es selendang mayang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung hunkwe. Disajikan dengan sirup manis berbahan gula pasir dengan tambahan santan dan aroma pandan serta susu sebagai penambah cita rasa. Sebagian penjual terkadang menambahkan beberapa potong buah nangka kedalam sirup membuat rasa dan aromanya sungguh sangat menggugah selera. Minuman ini bisa dikatakan sekaligus sebagai makanan, karena sifatnya yang mengenyangkan mengingat bahan utamanya tepung beras. Dilihat dari jenisnya es selendang mayang tidak terlalu banyak variasinya, mungkin itu sebabnya penganan yang satu ini semakin tenggelam karena tidak mengikuti perkembangan jaman. Para penjual nampaknya lebih memilih mempertahankan tradisi ketimbang menciptakan varian-varian baru yang lebih menarik. Namun bagi para pecinta wisata kuliner justru ada sisi menariknya dimana suatu kudapan khas suatu daerah dipertahankan keasliannya sehingga kental dan identik dengan adat dan budaya setempat.

Es selendang mayang kini jarang dijumpai, hanya sedikit penjual yang berkeliling dan menjajakannya. Mungkin minuman ini sudah dianggap 'jadul' sehingga kekurangan peminat. Padahal rasanya tak kalah enak dan menyegarkan. Tapi jika kita sering berkunjung ke kawasan-kawasan yang kental dengan adat betawi, di tempat tersebut biasanya terdapat penjual es selendang mayang. Diantaranya yang saya ketahui adalah Stasiun Beos dan sekitaran Kota Tua, daerah Ragunan, dan daerah Kemayoran.

Es Selendang Mayang Segar Menunda Lapar oleh Jajan Pinggiran.
Es Selendang Mayang Segar Menunda Lapar
4/ 5
Oleh