Kue Bika Ambon Medan Asalnya Bukan Dari Ambon, Rasanya Manis dan Lembut

Kue bika ambon medan adalah salah satu kudapan tradisional asal Indonesia yang cukup terkenal karena rasanya yang enak. Sebagian besar orang mengira kue bika ambon sesuai namanya berasal dari Ambon, Maluku. Namun ternyata hal tersebut salah besar karena meskipun namanya bika ambon, kue yang legit dan gurih ini berasal dari Medan, Sumatra Utara. Konon nama bika ambon berawal dari populernya kue bika yang biasa dijual di sekitaran jalan Ambon di kota Medan. Saking populernya sehingga sebutan khusus bergeser menjadi sebutan umum kue bika, sebelum itu biasanya orang menyebutnya sebagai kue bika saja tanpa embel-embel ambon. Kue bika sebenarnya terdapat di banyak daerah, dengan sebutan lain seperti bingka, wingka atau wiwingka.
Kue Bika Ambon Medan Asalnya Bukan Dari Ambon

Kue Bika Ambon Medan Asalnya Bukan Dari Ambon, Yang Pasti Rasanya Manis dan Lembut

Kue bika ambon medan terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan sedikit tepung terigu sebagai biangnya, telur ayam, ditambah santan dalam jumlah besar dan daun pandan yang membuat kue bika memiliki aroma yang khas. Kue bika ambon secara umum ada dua jenis yang dibedakan dari proses pembuatannya, ada yang dikukus dan ada pula yang dipanggang. Untuk urusan bahan keduanya memiliki bahan yang hampir sama hanya saja proses pembuatan dan hasil akhirnya yang berbeda. Kue bika ambon rasanya manis dan agak gurih karena mengandung santan yang cukup banyak, teksturnya lembut dan agak kenyal karena terbuat dari tepung tapioka. Kue ini hanya bertahan kurang lebih 4 kari semenjak dibuat, setelah itu tekstur kue akan berubah menjadi keras dan alot, untuk itu kue ini tidak dapat disimpan lama dan harus segera dikonsumsi sebelum teksturnya mengeras.

Kue bika ambon medan gampang diperoleh karena cukup populer dan banyak digemari. Biasanya kue bika ambon medan dijual di gerai-gerai kue pinggir jalan ataupun tempat-tempat yang menjual kudapan serupa. Kisaran harganya mulai dari Rp.30,000-Rp.80,000 per porsi, perbedaan harga biasanya tergantung ukuran dan bahan-bahan tambahan lain seperti variasi topping dan juga lokasi gerai biasanya mempengaruhi terhadap harga.

Kue Bika Ambon Medan Manis dan Lembut oleh Jajan Pinggiran.
Baca juga Kue Putu Ayu Manis dan Lembut, Dadar Gulung Manis dan Gurih
Kue Bika Ambon Medan Asalnya Bukan Dari Ambon, Rasanya Manis dan Lembut
4/ 5
Oleh