Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut

Cara Membuat Tape Singkong AKA Peuyeum Bandung - Tape singkong yang lebih populer di daerah Jawa Barat dengan sebutan peuyeum bandung merupakan penganan asli Indonesia.

Di kota-kota besar di seluruh Indonesia, tape singkong biasanya dijual oleh penjual keliling dengan menggunakan gerobak dan lebih populer dengan sebutan tape singkong saja.
Resep Menarik : Resep Bumbu Jagung Bakar Aneka Rasa
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
Tape singkong memiliki aroma yang khas seperti aroma alkohol, berasa manis karena mengandung banyak gula yang dihasilkan dari fermentasi pati.

Tekstur tape singkong yang baik adalah tape singkong yang lembut namun tidak mengandung banyak cairan.

Mengkonsumsi tape singkong dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat seperti meningkatkan fungsi saraf, sumber probiotik serta sebagai sumber energi karena mengandung gula dan karbohidrat.

Namun, mengkonsumsi tape secara berlebihan juga mengakibatkan efek tidak baik seperti gangguan pencernaan serta penurunan kekebalan tubuh.

Kandungan Gizi Tape Singkong

Singkong merupakan bahan pangan yang mengandung pati, sehingga kandungan karbohidratnya paling tinggi diantara zat gizi lainnya.

Pada 100 gram tape singkong, fermentasi karbohidrat dalam pati singkong menghasilkan energi setidaknya 170 kilo kalori dengan karbohidrat mencapai 42,5 gram.

Kandungan lainnya yang terdeteksi secara signifikan adalah 0,5 gram protein, 0,1 gram lemak, 30 miligram kalsium serta 30 miligram posfor dan 0,07 miligram vitamin B1.

Selain itu, tape singkong mengandung serat yang cukup tinggi serta kandungan alkohol yang masih dalam batas aman.

Membuat Tape Singkong dengan Tekstur Lembut

Pembuatan tape singkong sebetulnya tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan banyak bahan.

Namun, tentunya memerlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Salah sedikit saja dapat mengakibatkan tape singkong menjadi tak menarik, seperti teksturnya yang becek atau malah bantat serta ragi yang tidak tumbuh sempurna sehingga tape menjadi bulukan dan berwarna kehitaman.
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
ragi tape
Kegagalan pembuatan tape singkong biasanya disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga, kontaminasi bahan asing serta proses pemasakan singkong yang kurang tepat.

Maka dari itu, singkong yang akan digunakan untuk membuat tape haruslah dibersihkan dengan teliti.

Singkong yang sudah dikukus sebisa mungkin jangan tersentuh tangan secara langsung atau gunakan sarung tangan ketika memprosesnya.

Karena kontaminasi keringat, minyak dan bahan asing lainnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam ragi tape yang digunakan pada pembuatan tape singkong.

Jika kita teliti, sebetulnya tidaklah sulit untuk membuat sendiri tape singkong di rumah.

Asalkan prosedurnya tepat dan ke-steril-an singkongnya terjaga, tape singkong dengan kualitas baik dapat kita buat dengan mudah.

Berikut adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat tape singkong.

Bahan-bahan Membuat Tape Singkong

  • 1 kg singkong muda
  • 1 butir ragi tape

Cara Membuat Tape Singkong

  1. Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm. Tidak dipotong juga sebenarnya tidak akan terlalu mempengaruhi hasil tape, hanya saja proses pembuatannya memerlukan ruang dan wadah yang lebih besar.
  2. Bersihkan lagi dalam air yang mengalir sehingga dipastikan bersih.
  3. Kukus singkong hingga matang, namun ingat jangan sampai terlalu lembek. Jika terlalu lembek, hasil akhir juga akan lembek dan mengandung banyak air.
  4. Angkat singkong dari kukusan dan biarkan dingin, dari sini sebisa mungkin untuk tidak menyentuh singkong secara langsung karena kontaminasi zat asing dapat mengganggu fermentasi. Gunakan sarung tangan atau cukup gunakan peralatan seperti garpu untuk menata singkong.
  5. Siapkan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar ataupun bakul. Alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar serta pinggirannya.
  6. Sementara itu, remukkan ragi diatas piring jika masih berbentuk bulatan.
  7. Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan sebagian ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburi lagi dengan ragi dan seterusnya jika sisa singkong masih ada.
  8. Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi menggunakan daun pisang, dan tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
  9. Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu. Jika sudah bertekstur lembut dan gampang ditusuk oleh garpu berarti tape singkong yang kita buat sudah jadi.
Tidak terlalu sulit dan kelihatan sepele namun juga memerlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebenarnya berlaku tidak hanya untuk pembuata tape, kehigienisan menjadi prasyarat sebuah penganan memiliki kualitas yang layak dan sehat.

Bagaimana? Kalian tertarik untuk mencoba membuat tape singkong?

Salam Jajan Pinggiran !

Resep Menarik Lainnya yang Perlu Dicoba!

Resep dan Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau
Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah
Resep dan Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Renyah
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
loading...
Cara Membuat Tape Singkong Manis dengan Tekstur Lembut
4/ 5
Oleh