Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor yang Semakin Jarang

Resep Doclang dan Cara Membuat Doclang - Kalian pernah mendengar kuliner khas kota Bogor yang bernama doclang? Atau pernah bahkan sering mencicipinya? Bagi kalian yang berdomisili di daerah Bogor, tentunya sudah tidak asing dengan kudapan yang satu ini. Ya, biarpun popularitasnya kian menurun dikarenakan banyaknya jenis makanan baru yang 'menyerbu' masyarakat, doclang tetap mempunyai penggemar yang tentunya dikarenakan faktor selera yang berbeda-beda.
Cara Membuat Doclang, Resep Doclang
sumber gambar : www.indonesiakaya.com
Di beberapa kota di Jawa Barat juga terkadang ada yang menjual penganan tradisional ini namun memang tidak seperti di kota asalnya. Biasanya, doclang dijajakan secara berkeliling oleh sang penjual dengan cara dipikul maupun menggunakan gerobak dorong. Doclang populer sebagai jajanan yang dijual pada waktu sarapan hingga menjelang siang, namun ada juga pedagang doclang yang menjual jajanannya sepanjang hari, biasanya ini dilakukan oleh pedagang yang mangkal di suatu tempat secara tetap.

Resep Doclang dan Cara Membuat Doclang Sendiri di Rumah dengan Mudah

Doclang penampilannya sekilas mirip dengan gado-gado, hanya saja bahan-bahan yang digunakan sedikit berbeda. Cara membuat doclang juga sedikit berbeda dari gado-gado. Bahan utamanya adalah ketupat, tahu, telur rebus, kentang rebus serta terkadang diberi tambahan toge maupun sayuran lainnya sebagai pelengkap. Semua bahan tersebut disiram dengan saus kacang yang kental serta kaya rasa, mmm yummy.

Sebetulnya, jika kita membuatnya sendiri semua tergantung selera karena tidak ada resep yang pasti. Nah, bagi kalian yang penasaran untuk mencicipi bagaimana sih rasa kudapan yang satu ini ? Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah, yuk ! Berikut bahan-bahan yang perlu kita persiapkan.

Bahan-bahan Resep Doclang Khas Bogor

  1. 4 bh ketupat/lontong ukuran sedang, potong-potong
  2. 8 bh tahu kotak, potong dadu
  3. 8 bh kentang rebus, potong dadu
  4. 4 bh telur rebus, potong 4
  5. 1 genggam toge (opsional)
  6. 8 lbr daun selada atau secukupnya (opsional)
  7. 2 bh jeruk limau
  8. bawang goreng secukupnya
  9. kerupuk secukupnya
  10. kecap manis secukupnya

Bahan Membuat Saus Kacang

  1. 100 gr kacang tanah goreng, haluskan
  2. 1 sdt garam atau sesuai selera
  3. 1 sdm gula jawa atau sesuai selera
  4. minyak goreng untuk menumis bumbu
  5. air panas secukupnya

Bumbu Halus (Untuk Bumbu yang Dimasak)

  1. 4 bh cabe keriting
  2. 4 bh cabe rawit
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 2 btr kemiri

Cara Membuat Doclang

  1. Pertama kita akan mempersiapkan saus kacang, disini ada dua versi yang bisa kita ambil sesuai selera. Jika tidak mau repot memasak bumbu, semua bumbu halus hendaknya digoreng dulu baru kemudian dihaluskan dan disatukan bersama dengan kacang tanah, diberi garam dan gula. Kasih sedikit air panas serta sedikit perasan jeruk limau.
  2. Untuk bumbu yang dimasak, tumis bumbu halus hingga harum baru kemudian masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Beri sedikit air panas agar bumbu menyatu, bubuhkan garam serta gula jawa secukupnya. Masak sampai mengental dan airnya menyusut. Angkat.
  3. Saatnya menyajikan doclang. Siapkan piring saji, taruh daun selada (opsional), ketupat yang sudah dipotong-potong, tahu, kentang rebus, telur rebus serta toge.
  4. Siramkan saus kacang diatasnya beserta kecap manis secukupnya, beri juga air perasan jeruk limau.
  5. Taburkan bawang goreng serta kerupuk sesuai selera.
  6. Doclang lezat bikinan sendiri siap untuk disajikan. (untuk 4 porsi)
Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan? Apalagi jika kita gemar memasak dan mencoba resep-resep baru, rasanya penasaran sekali ketika melihat kudapan yang baru kita dengar atau baru kita lihat. Doclang sendiri saya lihat di sebuah acara televisi, dari sana saya penasaran mengenai resep serta cara membuat doclang dengan mudah. Dan akhirnya setelah browsing dan bertanya kesana kemari, didapatlah resep doclang yang segera saya praktekin di dapur. Selamat bereksperimen ya, dan semoga bermanfaat !

Yuk Simak Resep Menarik Lainnya!

Resep dan Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Gurih
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor yang Semakin Jarang
4/ 5
Oleh