Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah

Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah - Kue dadar gulung merupakan makanan tradisional khas nusantara yang dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan mudah dan murah. Kue ini masih tetap eksis hingga sekarang sebagai jajanan rakyat karena rasanya yang lezat serta harganya yang sangat terjangkau. Kita bisa memperolehnya dengan mudah terutama di pagi dan sore hari, namun jika kita bisa membuatnya kenapa tidak? Itung-itung mengisi waktu bukan?
Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah, Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa
Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah
Cara membuat dadar gulung isi kelapa sebenarnya tidak sulit, sembari santai kita bisa membuatnya dengan mudah dan cepat. Resep dadar gulung isi kelapa gula merah tidak memerlukan banyak bahan, ada dua bahan utama yang kita perlukan untuk membuatnya. Pertama kita membuat isian yang bisa dibuat dari kelapa parut, yang kemudian dimasak bersama dengan gula merah atau gula jawa sehingga rasanya legit. Kedua, kita membuat adonan sebagai bahan kulitnya yang kemudian didadar seperti namanya, dadar gulung. Kali ini kita akan mencoba membuat kue dadar gulung isi kelapa seperti resep aslinya.

Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah

Untuk membuat kue dadar gulung, pertama kita mempersiapkan isiannya setelah itu kulitnya kita buat belakangan agar bisa langsung digulung sesaat setelah dibuat. Bahan isian yang akan kita gunakan berbahan dasar kelapa parut, gunakan kelapa yang setengah tua agar hasilnya bagus dan lembut. Jika kelapa yang kita gunakan terlalu tua maka hasilnya akan kasar, sebaliknya jika terlalu muda maka akan sulit saat proses memarutnya. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat kue dadar gulung spesial.

Bahan Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah

Bahan Kulit

  1. 100 gr tepung terigu
  2. 200 ml santan
  3. 1 btr telur, kocok lepas
  4. 10 lbr daun suji
  5. 1/4 gelas air
  6. 1/2 sdt garam

Bahan Isian

  1. 1 btr kelapa, parut
  2. 75 gr gula jawa, iris halus
  3. 50 ml air
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt vanili bubuk
  6. 1 lbr daun pandan

Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa

  1. Membuat isian : satukan semua bahan isian dan masak hingga air menyusut dan mengering. Angkat dan sisihkan.
  2. Remas-remas daun suji, beri sedikit air (kira-kira 50 ml atau seperempat gelas). Saring dan ambil airnya sebagai pewarna hijau alami.
  3. Satukan tepung terigu bersama dengan santan, air daun suji, telur dan garam, aduk rata hingga membentuk adonan. Jika terlalu kental tambahkan air secukupnya.
  4. Siapkan panci anti lengket yang mempunyai permukaan datar.
  5. Tuang satu sendok sayur adonan dan goyangkan panci hingga adonan menyebar ke seluruh permukaan dalam panci dan membentuk dadar tipis.
  6. Angkat ketika sudah matang dan membentuk lembaran kenyal. Lakukan berulang hingga adonan habis.
  7. Untuk membuat dadar gulung, ambil satu lembar kulit dan beri isian kira-kira satu sendok makan.
  8. Lipat ujung kiri dan kanan kemudian gulungkan. Selesai. Lakukan langkah yang sama terhadap semua bahan kulit dan isian.
Cara membuat dadar gulung isi kelapa sebetulnya tidak sulit, hanya memerlukan sedikit ketelatenan dan kesabaran dalam pembuatan kulit karena memang harus dibuat satu per satu. Resep dadar gulung isi kelapa gula merah ini juga bisa kita kreasikan seperti menggunakan isian yang berbeda seperti misalnya pisang coklat. Tentunya lebih praktis namun pisang harus dimasak terlebih dahulu. Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!

Yuk Coba Resep Menarik Yang Lainnya!

Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Gurih
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Hotang Hot Dog Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah
4/ 5
Oleh