Resep dan Cara Membuat Acar Kuning Timun Wortel

Resep Acar Kuning Timun Wortel - Acar kuning merupakan menu tumisan yag cukup populer di tanah air mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Masakan yang satu ini lazim dijumpai mulai dari warung-warung nasi pinggir jalan hingga restoran yang berkelas. Cita rasanya yang lezat serta menggugah selera membuat acar kuning banyak disukai terutama mereka yang suka makan sayur. Dan ternyata, acar kuning kesukaan kalian ini mudah dibuat dengan resep yang sederhana lho!
Resep Acar Kuning Timun Wortel, Cara Membuat Acar Kuning
Resep Acar Kuning Timun Wortel
Cara membuat acar kuning sebetulnya sangatlah mudah, karena pada dasarnya masakan ini merupakan masakan yang dimasak dengan cara tumis biasa. Hanya saja bumbu-bumbu yang digunakan lebih bervariasi agar didapat rasa yang lebih lezat dan bercitarasa. Sementara bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat acar kuning cukup mudah ditemui, baik itu di pasar tradisional maupun di pasar modern sekalipun. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk resepnya sendiri, acar kuning sebetulnya cukup bervariasi tergantung selera dan ketersediaan bahan di dapur. Jika suka, kalian bisa menambahkan bawang merah mentah sesaat sebelum tumisan diangkat. Kalian juga bisa menambahkan cuka masak atau air asam jawa untuk memperoleh rasa asam khas acar, atau jika kurang suka maka abaikan saja. Semua tergantung selera dan tentunya bagaimanapun acar kuning tetap enak.

Resep Acar Kuning Timun Wortel

Sedikit tips dalam hal pemilihan bahan untuk acar kuning, pilihlah mentimun yang masih muda, memiliki daging yang tebal dan belum memiliki banyak biji. Karena mentimun yang sudah agak tua bijinya lebih banyak dan daging buahnya lebih tipis sehingga banyak bagian yang terbuang. Sementara untuk wortel, pilih juga wortel yang masih muda berwarna merah lebih cerah. Wortel muda tidak memiliki tulang di bagian tengahnya sehingga tidak keras dan rasanya lebih enak. Berikut bahan-bahannya secara lengkap.

Bahan Resep Acar Kuning Timun Wortel

  1. 3 bh mentimun, buang biji, potong korek api
  2. 3 btg wortel, potong korek api
  3. 4 bh cabe merah, iris serong
  4. 2 cm lengkuas, geprek
  5. 6 siung bawang merah (opsional)
  6. 8 bh cabe rawit (opsional)
  7. 2 sdt air asam jawa atau cuka masak (opsional)
  8. 1 sdt garam
  9. 2 sdt gula pasir
  10. 1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah keriting
  4. 3 btr kemiri
  5. 2 cm kunyit
  6. 2 cm jahe

Cara Membuat Acar Kuning

  1. Tumis bumbu halus hingga harum bersama dengan cabe merah dan lengkuas.
  2. Masukkan wortel, tumis hingga setengah matang.
  3. Tuangkan sedikit air, masak hingga air mendidih.
  4. Masukkan timun, masak hingga agak layu dan air menyusut. Jika suka, masukkan bawang merah dan cabe rawit serta air asam jawa atau cuka masak. Masak beberapa saat. Angkat.
  5. Acar kuning timun wortel kini siap disajikan.
Ternyata cara membuat acar kuning sangatlah mudah ya, karena pada dasarnya masakan ini adalah tumisan biasa dan bisa dimasak dengan cepat. Resep acar kuning timun wortel juga cukup sederhana, kalian bisa memperoleh bahan-bahannya dengan mudah dan murah baik di pasar tradisional maupun modern. Bagaimana, tertarik memasak acar sendiri? Salam Jajan Pinggiran!

Simak Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram
Resep dan Cara Membuat Okonomiyaki Sederhana
Resep dan Cara Membuat Nugget Udang Sayur Gurih
Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung Crispy
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Khas Betawi
Resep dan Cara Membuat Acar Kuning Timun Wortel
4/ 5
Oleh