Resep dan Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas

Resep Cireng Isi Sosis Pedas - Jika dilihat dari asal katanya, cireng berarti aci digoreng yaitu makanan berbahan dasar aci (tepung kanji / sagu / tapioka) yang diberi berbagai bumbu kemudian digoreng hingga matang. Jajanan yang berasal di daerah Jawa Barat ini memang cukup populer di kalangan penggemar gorengan dengan rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal. Seiring perkembangan jaman, cireng kini lebih variatif dengan berbagai isian didalamnya. Seperti kali ini, kita akan bereksperimen dengan salah satu varian cireng yang menggunakan isi berupa sosis dengan cita rasa pedas.
Resep Cireng Isi Sosis Pedas, Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas
Resep Cireng Isi Sosis Pedas
Cireng dengan isian pedas memang cukup digemari dan cukup populer terutama di kalangan anak muda. Cara membuat cireng isi sosis pedas sebetulnya cukup gampang, namun memang memerlukan sedikit tehnik agar didapatkan rasa yang sesuai dengan selera. Untuk membuat adonan cireng, kita perlu membuat adonan biang terlebih dahulu sebagai pengikat karena tepung sagu/tapioka tidak larut dalam air dingin. Setelah itu, baru kemudian ditambahkan berbagai bumbu dan tepung tapioka hingga membentuk adonan yang kalis.

Sedikit tips agar cireng cepat matang luar dalam saat digoreng, hendaknya cireng dibuat dengan bentuk yang pipih. Selain cepat matang, bentuk yang pipih juga bisa menghemat penggunaan minyak karena tidak membutuhkan terlalu banyak minyak untuk menggorengnya. Gunakan api sedang agar matangnya merata luar dalam dan untuk menghindari kegosongan.

Resep Cireng Isi Sosis Pedas

Untuk bahan isian, seperti yang kita sebutkan sebelumnya kita akan menggunakan sosis agar lebih praktis namun rasanya tetap enak. Dan agar lebih lezat, isian kita masak terlebih dahulu sehingga memiliki cita rasa yang lebih lezat. Bagi kalian yang suka pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit sesuai dengan selera. Disini kita menggunakan 5 buah cabe rawit untuk mendapatkan cita rasa pedas dengan kadar yang sedang. Tinggal sesuaikan saja jumlahnya untuk mendapatkan kepedasan yang diinginkan.

Bahan Resep Cireng Isi Sosis Pedas

Adonan Biang

  1. 50 gr tepung sagu
  2. 200 ml air mendidih

Adonan Cireng

  1. 200 gr tepung sagu
  2. 3 siung bawang putih, haluskan
  3. 1 btg daun bawang, iris halus
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1/4 sdt lada bubuk
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

  1. 6 btg sosis, belah 4, potong pendek
  2. 1 btg saun bawang, iris halus
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1/2 sdt gula pasir
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1/4 sdt lada bubuk
  7. sedikit air
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus Untuk Isian

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah keriting, buang biji
  4. 5 bh cabe rawit

Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas

  1. Persiapkan isian terlebih dahulu. Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan potongan sosisnya bersama dengan daun bawang.
  2. Beri garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk. Beri sedikit air (kurang lebih 2 sdm) agar bumbu larut.
  3. Masak hingga air menyusut, angkat. Sisihkan.
  4. Lanjut membuat adonan biang. Didihkan 200 ml air, siramkan pada 50 gr tepung tapioka hingga menggumpal seperti lem.
  5. Masukkan bawang putih halus, daun bawang, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk kedalam adonan biang. Aduk rata.
  6. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok. Setelah agak dingin, uleni menggunakan tangan hingga kalis.
  7. Ambil adonan cireng, kira-kira 1-2 sendok makan sesuai ukuran yang diinginkan. Beri isian secukupnya kemudian pipihkan. Lakukan langkah yang sama hingga seluruh adonan dan isian habis.
  8. Goreng cireng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang.
  9. Cireng isi sosis pedas siap disajikan bersama dengan cabe rawit, saus sambal atau sambal kacang sesuai selera.
Jika kalian mencobanya untuk pertama kali, mungkin akan terasa sedikit ribet ya karena memerlukan beberapa langkah pembuatan adonan dan isian. Namun pada dasarnya, cara membuat cireng isi sosis pedas maupun cireng isi lainnya cukup sederhana dan tidak membutuhkan keahlian memasak tingkat tinggi. Jika sudah terbiasa, tentunya semua akan terasa mudah dan tidak terlalu ribet. Tertarik untuk mencoba resep cireng isi sosis pedas ini di rumah? Selamat mencoba! Salam Jajan Pinggiran!

Selain Cireng, Resep Berikut Ini Juga Menarik!

Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng
Resep dan Cara Membuat Doclang, Jajanan Khas Bogor
Resep dan Cara Membuat Kue Putri Ayu Kukus Lembut
Resep dan Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana
Resep Apem Selong, Jajanan Tradisional Khas Surabaya
Resep dan Cara Membuat Martabak Mini Dengan Mudah
Resep dan Cara Membuat Cireng Isi Sosis Pedas
4/ 5
Oleh