Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Tahan Lama

Resep Jamur Crispy Renyah - Jajanan yang satu ini memang cukup populer setelah ayam goreng tepung atau istilah kerennya fried chicken. Dan pada dasarnya, keduanya memiliki konsep yang sama yaitu melapisi bahan utama dengan lapisan tepung untuk mendapatkan lapisan yang renyah dan gurih. Tidak hanya itu, untuk bahan adonan yang digunakan juga masih sama cuma berbeda sedikit-sedikit tergantung selera kita saat membuatnya. Jajanan yang biasanya dijajakkan mulai dari sore hingga malam hari ini bisa diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau. Namun memang tidak seperti fried chicken yang sangat mudah ditemui, jajanan jamur crispy masih terbilang jarang. Untuk itu, sebagai alternatif kita bisa membuatnya sendiri di rumah.
Resep Jamur Crispy Renyah, Cara Membuat Jamur Crispy Renyah
Resep Jamur Crispy Renyah
Seperti makanan berlapis tepung lainnya, cara membuat jamur crispy renyah juga terbilang sederhana dan praktis. Kita bisa membuatnya hanya dengan modal rasa penasaran walau tanpa keahlian memasak tingkat tinggi . Namun memang rasa yang didapatkan mungkin tidak terlalu sesuai dengan yang diharapkan. Jika pernah mencoba membuatnya, minimal kita mempunyai gambaran untuk kedepan jika kita mencoba untuk membuatnya lagi dan bisa menyesuaikan rasa berdasarkan pengalaman.

Pada prosesnya, inti dari pembuatan jamur crispy adalah pelapisan adonan pada bahan baku jamur untuk kemudian digoreng. Agar tepung bisa menempel sempurna pada jamur, kita membutuhkan bahan pengikat agar menempel sempurna. Sebenarnya, menggunakan air saja sudah cukup untuk membuat tepung terigu menempel pada jamur, namun rasanya kurang greget jika tanpa bumbu. Untuk itu, kita menggunakan adonan pencelup agar jamur crispy kita memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat.

Resep Jamur Crispy Renyah

Bahan tepung yang kita gunakan disini adalah tepung terigu serbaguna, baik itu untuk adonan pencelup maupun adonan pelapis utama. Agar lebih enak dan gurih, kita bisa menambahkan telur pada adonan pencelup namun tidak wajib, tidak ditambahkan juga tidak apa-apa. Sementara untuk adonan pelapis, kita menambahkan sedikit tepung beras agar lapisan tepung lebih crispy, karena tepung beras itu sifatnya lebih keras dari tepung terigu saat digoreng. Untuk penggunaan baking powder, ini dimaksudkan agar lapisan tepung baik itu pencelup maupun pelapis nantinya memiliki rongga-rongga udara sehingga teksturnya lebih renyah. Pilihan ini bersifat opsional karena beberapa resep juga ada yang tidak menyertakannya.

Bahan Resep Jamur Crispy Renyah

  1. 250 gr jamur tiram
  2. Minyak goreng banyak untuk deep fry

Bahan Pencelup

  1. 2 sdm tepung terigu
  2. 1 btr telur ayam
  3. 3 siung bawang putih, haluskan
  4. 1 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 150 ml air es

Bahan Pelapis

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 1/2 sdt baking powder
  4. 1/2 sdt lada bubuk
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1 sdt garam

Cara Membuat Jamur Crispy Renyah

  1. Bersihkan jamur tiram kemudian cuci bersih. Sumwir-suwir dengan alur memanjang, kemudian peras dan tiriskan.
  2. Membuat adonan pencelup. Satukan semua bahan kemudian aduk merata hingga membentuk adonan yang encer. Sisihkan.
  3. Membuat adonan pelapis. Satukan semua bahan kemudian aduk rata. Akan lebih baik jika semua bahan diayak sehingga bisa tercampur dengan merata tanpa gumpalan salah satu bahan. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak yang agak banyak, patokannya yaitu jamur bisa terendam seluruhnya ketika digoreng. Panaskan hingga benar-benar panas diatas api sedang.
  5. Ambil potongan jamur, celupkan kedalam adonan mencelup kemudian gulingkan diatas adonan pelapis. Remas-remas perlahan menggunakan tangan sehingga tepung menempel pada jamur.
  6. Goreng jamur hingga matang dan berubah warna menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan jamur crispy bersama dengan bahan pelengkap seperti saus somat, saua sambal atau bahkan bumbu tabur aneka rasa.
Jika sudah terbiasa, tentunya cara membuat jamur crispy renyah seperti ini bukanlah suatu hal yang sulit. Beda lagi jika kita baru pertama kali mencoba membuatnya, kemungkinan kebingungan saat menentukan takaran bahan, tekstur adonan dan ketepatan waktu menggoreng. Sebenarnya resep jamur crispy renyah ini tidak memiliki takaran yang pasti. Jika kita sudah terbiasa, maka urusan takaran adalah urusan feeling dan perkiraan saja, tidak perlu ukuran yang benar-benar akurat. Tertarik? Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!

Coba Juga Resep Menarik Berikut Ini Ya!

Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Pedas
Resep dan Cara Membuat Fried Chicken Renyah
Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Segar
Resep dan Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau
Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep dan Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Renyah
Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Tahan Lama
4/ 5
Oleh