Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tuna / Tenggiri Spesial

Resep Nugget Ikan Tuna / Tenggiri - Olahan ikan laut memang tiada habisnya, salah satunya adalah diolah menjadi nugget. Nugget ikan memang cukup populer dan rasanya juga sangat lezat sehingga banyak yang menyukainya. Selain itu, nugget ikan memiliki gizi sebagai sumber asupa protein yang baik.

Salah satu ikan yang cukup populer untuk dijadikan nugget adalah ikan tuna. Ikan ini memiliki daging yang enak serta banyak tersedia di pasaran sebagai hasil tangkapan nelayan. Harganya juga bisa dibilang relatif murah, sehingga sering dijadikan alternatif untuk aneka olahan.
Resep Nugget Ikan Tuna / Tenggiri, Cara Membuat Nugget Ikan Tuna
Nugget Ikan Tuna Bentuk Bintang
>> Resep dan Cara Membuat Nugget Tempe Sayuran Sederhana
Kali ini, kita akan membuat nugget yang berbahan dasar ikan tuna. Cara membuat nugget ikan tuna cukup gampang, dan juga bisa dibilang anti gagal. Prosesnya sama seperti membuat nugget pada umumnya yaitu membuat adonan yang kemudian dipadatkan dengan cara dikukus. Yuk langsung kita simak!

Resep Nugget Ikan Tuna / Tenggiri Spesial

Agar lebih mudah, gunakan daging ikan tuna fillet sehingga bisa langsung diolah. Selain ikan tuna, sebagai alternatifnya adalah ikan tenggiri. Kedua jenis ikan ini sama enaknya, dan bisa saling menggantikan.

Karena menggunakan daging ikan, sudah pasti kita berurusan dengan bau amisnya. Untuk itu, nugget yang berbahan dasar daging ikan biasanya menggunakan lengkuas dan jahe untuk meredam bau amis.

Ini dia bahan-bahan yang akan kita perlukan untuk resep nugget ikan tuna / tenggiri. Disini kita menggunakan santan, jika tidak suka, maka bisa diganti dengan susu cair atau bisa di-skip saja. Yuk simak cara membuat nugget ikan tuna / tenggiri melalui step by step yang disertakan dibawah ini untuk lebih mempermudah.
>> Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Spesial

Bahan Resep Nugget Ikan Tuna / Tenggiri

  1. 500 gr daging ikan tuna / tenggiri fillet
  2. 250 ml santan
  3. 100 gr tepung terigu
  4. 3 bh wortel, cincang dadu
  5. 2 btg daun bawang, rajang halus
  6. 2 btg daun seledri, rajang halus
  7. 2 btr telur ayam, kocok lepas
  8. 2 sdt garam, atau secukupnya
  9. 2 sdt gula pasir
  10. 1 sdt kaldu bubuk
  11. 1 sdt lada bubuk

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang putih
  2. 1/2 btr biji pala
  3. 3 cm jahe
  4. 3 cm lengkuas

Bahan Pelapis

  1. 1 btr telur, kocok lepas
  2. tepung panir kasar secukupnya

Cara Membuat Nugget Ikan Tuna / Tenggiri

  1. Haluskan daging ikan dengan cara ditumbuk. Jika menggunakan blender, belender kasar saja dengan cara memblendernya sebentar-sebentar agar daging tidak terlalu lumat dan masih memiliki tekstur.
  2. Pindahkan daging ikan ke wadah. Masukkan tepung terigu, santan, telur ayam, wortel, daun bawang, daun seledri, garam, gula pasir, kaldu bubuk, lada bubuk dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga membentuk adonan.
  3. Siapkan loyang bentuk persegi / kotak. Tuangkan adonan nugget kedalam loyang dan kukus selama 20-30 menit hingga adonan nugget padat.
  4. Angkat dan biarkan nugget hingga cukup dingin. Setelah dingin, potong nugget sesuai selera.
  5. Celupkan potongan nugget kedalam kocokan telur, kemudian gulingkan diatas tepung panir kasar hingga terselimuti seluruh permukaannya. Lakukan pada setiap potongan nugget.
  6. Bekukan nugget ikan tuna dalam freezer sebelum digoreng. Sesudah beku, baru nugget siap digoreng.
  7. Untuk menyajikannya, goreng nugget seperti biasa hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan nugget ikan tuna bersama dengan saus sambal.
>> Resep dan Cara Membuat Nugget Sayur Tanpa Daging
Cara membuat nugget ikan tuna / tenggiri sama mudahnya seperti membuat nugget dari bahan lain pada umumnya. Dibanding bahan lain, yang perlu diperhatikan dari nugget ikan adalah bau amisnya. Untuk itulah kita menggunakan jahe, lengkuas dan lada.

Bagi kalian yang suka berkreasi, silahkan variasikan resep nugget ikan tuna / tenggiri ini dengan bahan lain. Kalian bisa menggunakan daging ikan air tawar seperti lele dan gabus. Rasanya juga tidak kalah enak dan gurih. Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tuna / Tenggiri Spesial
4/ 5
Oleh