Resep dan Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana Tanpa Daging

Resep Nugget Sayur Tanpa Daging - Varian nugget yang satu ini adalah jenis nugget yang paling gampang dibuat. Nugget sayuran menggunakan aneka jenis sayuran, tidak terbatas pada sayuran tertentu saja. Jadi, rasanya lebih variatif.

Nugget sayuran bisa dibuat dengan biaya produksi yang lebih ekonomis, namun tetap lezat dan sehat. Nugget sayuran juga bisa menjadi alternatif untuk asupan makanan bagi anak-anak yang tidak terlalu suka makan sayur. Dengan dibuat nugget, sayuran akan lebih menarik dan lebih lezat.
Resep Nugget Sayur Tanpa Daging, Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana Tanpa Daging
Nugget Sayuran / gambar: www.nuggetamanra.com
>> Resep dan Cara Membuat Nugget Tempe Sayuran Sederhana
Cara membuat nugget sayur tanpa daging sangatlah mudah. Intinya, kita membuat adonan yang berbahan sayuran untuk kemudian dipadatkan menjadi nugget. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan sayuran yang lebih bervariasi, jadi tidak terbatas pada bahan tertentu saja.

Resep Nugget Sayur Tanpa Daging

Seperti dikatakan sebelumnya, nugget sayur tidak terbatas pada bahan-bahan tertentu saja. Disini kita menggunakan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, jamur tiram dan lain-lain. Kalian bisa menggunakan sayuran lainnya sesuai ketersediaan bahan di rumah. Rasanya tetap enak kok!

Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan pada resep nugget sayur tanpa daging kali ini. Bahan-bahannya tidak wajib ya, jadi sesuaikan saja dengan ketersediaan dan juga selera masing-masing. Untuk mempermudah, silahkan ikuti step by step cara membuat nugget sayur tanpa daging yang disertakan dibawahnya.
>> Resep dan Cara Membuat Nugget Tahu Sederhana

Bahan Resep Nugget Sayur Tanpa Daging

  1. 4 sdm tepung terigu (+/- 50 gram)
  2. 3 btg wortel, cincang dadu
  3. 3 btr kentang, cincang dadu
  4. 100 gr jamur tiram, rajang pendek
  5. 2 bh tahu putih, hancurkan
  6. 2 btg daun bawang, rajang halus
  7. 2 btg daun seledri, rajang halus
  8. 2 btr telur
  9. 4 siung bawang merah, haluskan
  10. 4 siung bawang putih, haluskan
  11. 1 sdt garam, atau secukupnya
  12. 1 sdt gula pasir
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk
  14. 1/2 sdt lada bubuk
  15. 1/2 sdt ketumbar bubuk

Bahan Pelapis

  1. 1 btr telur, kocok lepas
  2. tepung panir kasar secukupnya

Cara Membuat Nugget Sayur Tanpa Daging Sederhana

  1. Satukan semua bahan dan aduk perlahan-lahan. Aduk merata hingga membentuk adonan.
  2. Siapkan loyang persegi. Masukkan adonan nugget sayur kedalam loyang kemudian kukuslah selama 20-30 menit hingga adonan nugget sayur menjadi padat.
  3. Angkat nugget dari kukusan kemudian dinginkan. Setelah dingin, nugget bisa dipotong-potong sesuai dengan selera.
  4. Celupkan potongan nugget sayur kedalam kocokan telur, kemudian gulingkan diatas tepung panir kasar hingga terselimuti seluruh permukaannya. Lakukan langkah yang sama terhadap semua potongan nugget.
  5. Masukkan nugget kedalam freezer selama kurang lebih 2jam atau hingga nugget beku agar teksturnya lebih padat dan tepung panirnya tidak rontok. Setelah beku, nugget sayur siap digoreng.
  6. Goreng nugget sayur seperti biasa hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan nugget sayur selagi hangat bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.
>> Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana Isi Sayuran
Mudah bukan? Cara membuat nugget sayur tanpa daging tidak berbeda dari versi nugget biasa yang menggunakan daging ikan atau ayam. Hanya saja, nugget ini sama sekali tidak menggunakan daging sehingga lebih ekonomis.

Bahan-bahan yang tertera pada resep nugget sayur tanpa daging ini tidak mesti ya, sehingga kita lebih bebas berkreasi. Jadi sesuaikan saja dengan selera masing-masing. Selamat mencoba! Salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana Tanpa Daging
4/ 5
Oleh