Resep dan Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan

Resep Puding Lumut Hijau Pandan - Puding lumut merupakan salah satu kreasi puding yang memiliki tampilan yang cantik dan unik. Penampilannya yang menarik membuat siapapun yang baru pertama melihatnya pasti penasaran akan rasanya dan ingin mencicipinya.

Pada dasarnya, puding lumut tidak jauh berbeda dengan puding busa. Hanya saja, pada puding lumut, busa yang mengambang tampak seperti tekstur lumut hijau.  Warna hijau ini didapatkan dari sari daun suji dan daun pandan.
Resep Puding Lumut Hijau Pandan, Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan
Puding Lumut Hijau Pandan
>> Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar
Cara membuat puding lumut hijau pandan sebetulnya cukup sederhana dan cukup gampang. Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan membuat puding busa ataupun puding biasa pada umumnya. Yuk langsung saja kita simak selengkapnya!

Resep Puding Lumut Hijau Pandan yang Cantik

Bahan utama yang kita gunakan untuk membuat puding lumut adalah agar-agar. Untuk mendapatkan rasa yang lebih netral, gunakan agar-agar plain tanpa rasa. Agar-agar plain juga tidak memiliki warna, sehingga nanti pudingnya lebih jernih dan tekstur lumutnya terlihat jelas.

Dibawah ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep puding lumut hijau pandan kali ini. Silahkan sesuaikan takaran gulanya ya jika ingin lebih manis atau bahkan cenderung tawar.

Silahkan ikuti cara membuat puding lumut hijau pandan melalui step by step yang disertakan dibawahnya untuk mempermudah pembuatan. Yuk simak!
>> Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Susu Kental Manis

Bahan Resep Puding Lumut Hijau

  1. 1 bks agar-agar plain powder
  2. 100 gr gula pasir, atau sesuai selera
  3. 10 lbr daun suji, potong pendek
  4. 10 lbr daun pandan, potong pendek
  5. 2 gelas air (+/- 350-400 ml)
  6. 1 btr telur, kocok lepas
  7. 1/2 sdt garam
  8. 500 ml santan dari 1/2 btr kelapa

Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan

  1. Blender daun pandan dan daun suji yang sudah dipotong-potong bersama dengan 2 gelas air. Blender hingga lumat dan keluar sari hijaunya kemudian saring ampasnya.
  2. Siapkan panci. Masukkan agar-agar powder, gula pasir, garam, air sari daun pandan/suji serta telur yang sudah dikocok. Aduk rata.
  3. Tuangkan santan. Aduk lagi hingga santan tercampur merata dengan adonan puding.
  4. Rebus adonan puding diatas api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk agar semua bahan larut. Nantinya, semakin air mendidih maka adonan puding akan semakin terpisah antara air dan gumpalan hijaunya.
  5. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan puding beberapa saat, jangan diaduk-aduk hingga terbentuk tekstur gumpalan yang menyerupai lumut. Sampai disini akan tampak jelas gumpalan hijau yang terpisah dari airnya yang semakin bening.
  6. Matikan api. Biarkan beberapa saat hingga uap panasnya hilang.
  7. Tuangkan puding kedalam cetakan dan biarkan hingga puding agak dingin. Setelah cukup dingin, masukkan puding kedalam lemari es agar lebih cepat menggumpal dan lebih nikmat.
>> Resep dan Cara Membuat Es Cendol Bandung Spesial
Ternyata cara membuat puding lumut hijau pandan sama mudahnya dengan membuat puding biasa pada umumnya. Tekstur lumut didapatkan dari santan yang pecah. Jadi setelah mendidih, puding tidak perlu diaduk agar santannya pecah dan terbentuklah tekstur lumut.

Bagi kalian yang tertarik, silahkan share resep puding lumut hijau pandan ini. Siapa tahu teman-teman juga ingin mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba dan salam Jajan Pinggiran!
Resep dan Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan
4/ 5
Oleh