Ini Dia, Resep Roti Awan Bebas Gluten Alias Roti Tanpa Tepung

Resep Roti Awan - Roti yang disebut juga sebagai 'cloud bread' ini bukanlah nama serial kartun, tetapi memang roti sungguhan.

Disebut sebagai roti awan mungkin karena bentuk permukaannya yang bergelombang tak beraturan mirip gumpalan awan 'cumulonimbus'.

Ada juga yang menyebut, bahwa menyantap roti super lembut ini serasa sedang terbang melintasi awan. Entah mana yang benar, yang pasti kita fokus saja sama kelezatan rotinya.
resep roti awan, cara membuat roti awan
Roti Awan / cinnamonandtoast.com
Roti awan disebut juga sebagai 'gluten-free bread' atau roti tanpa gluten. Karena memang, proses pembuatan roti ini tidak memerlukan tepung terigu seperti roti pada umumnya.

Roti ini cocok untuk orang-orang tertentu yang memerlukan makanan rendah kalori atau rendah karbohidrat. Juga cocok buat kalian yang sedang berdiet.

Karena tidak melibatkan tepung, bahan-bahan yang digunakan pun menjadi lebih sederhana.

Intinya, roti awan hanya memerlukan 3 bahan utama yaitu cream cheese, telur dan cream of tar-tar atau bahan pegembang.

Bagi yang ingin menambahkan rasa manis, bisa menggunakan sedikit gula pasir atau bisa juga menggunakan gula jagung.

Ingin mencoba membuatnya di rumah? Ini dia resep lengkapnya!

Resep Roti Awan Tanpa Tepung

Bahan-Bahan

  1. 4 sdm cream cheese, suhu ruang
  2. 4 btr telur, suhu ruang
  3. 1 sdm gula pasir halus
  4. 1 sdt cream of tar-tar / baking powder

Cara Membuat Roti Awan Tanpa Tepung

  1. Siapkan oven terlebih dahulu, panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius. Sisihkan.
  2. Siapkan loyang datar, alasi loyang dengan menggunakan kertas roti. Sisihkan.
  3. Pisahkan putih telur dan kuning telur, taruh di wadah terpisah. Gunakan wadah yang agak besar untuk putih telur, karena nanti bahan ini akan kita buat mengembang. Untuk kuning telur, cukup wadah biasa saja karena hanya akan kita campurkan dengan gula.
  4. Masukkan cream cheese dan gula pasir halus kedalam wadah yang berisi kuning telur. Kocok hingga semua bahan menyatu dan lembut serta gula larut. Sisihkan dulu sementara.
  5. Masukkan baking powder / cream of tar-tar kedalam wadah yang berisi putih telur. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga putih telur mengembang membentuk busa yang kaku.
  6. Tuangkan adonan kuning telur kedalam adonan putih telur. Aduk perlahan-lahan ya, jangan sampai adonan putih telurnya kempes.
  7. Ambil 1-2 sendok adonan, tuangkan keatas loyang datar dan bentuklah sedemikian rupa agar membentuk bundaran sebesar cookies atau sedikit lebih besar. Buat beberapa dalam satu loyang.
  8. Masukkan loyang berisi adonan kedalam oven. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga roti awan matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  9. Angkat dan dinginkan. Jika membuat banyak, taruh didalam toples atau plastik agar lebih awet.
Ini Dia, Resep Roti Awan Bebas Gluten Alias Roti Tanpa Tepung
4/ 5
Oleh