Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng, Renyah di Luar Empuk di Dalam

Resep Cakwe Goreng - Cakwe, jajanan yang populer sebagai cemilan ini memang lezat dan banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penganan ini pada mulanya merupakan jajanan tradisional masyarakat Tionghoa, mereka menyebutnya dengan sebutan cahkwe dan populer di Indonesia sebagai cakwe.

Sekilas Mengenai Cakwe yang Terdapat di Nusantara

Cara Membuat Cakwe Goreng, Resep Cakwe Goreng
sumber gambar : www.raja-makan.co.id
Cara membuat cakwe goreng sebetulnya cukup beragam. Menurut cara penyajiannya, di negara kita dikenal dengan beberapa versi dari cakwe ini. Namun bahan dasar utama yang digunakan tidak jauh berbeda yaitu tepung terigu yang disertai pengembang kue.

Sementara untuk bahan pengembangnya sendiri, cakwe dapat menggunakan perpaduan antara baking soda dan baking powder disertai bahan pengembang organik, ada juga yang menggunakan pengembang organik saja.

Kelebihan menggunakan tambahan pengembang kimiawi adalah hasil akhir yang didapatkan dapat mengembang sempurna namun jika takaran yang digunakan terlalu banyak dapat menyisakan rasa pahit dari sodium bikarbonat.

Membuat cakwe memang memerlukan sedikit kesabaran, pasalnya adonan harus diinkubasi terlebih dahulu agar mengembang sempurna. Jika tidak, cakwe akan menjadi bantat. Untuk itu, inkubasi dilakukan setidaknya selama minimal dua jam, guna mendapatkan tekstur yang pas.

Sementara untuk penyajian cakwe itu sendiri. Di beberapa daerah seperti daerah Jawa Tengah, cakwe disajikan dengan tambahan sari kedelai. Dan di daerah lainnya, ada juga cakwe yang disajikan bersama dengan saus pedas manis, sambal kacang, saus tomat dan lainnya.

Namun pada umumnya seperti yang banyak dikenal bahwa cakwe biasanya disajikan bersama saus asam manis dengan opsi pedas. Semua tergantung selera.

Resep Cakwe Goreng yang Renyah Diluar Empuk Didalam

Untuk mendapatkan cakwe dengan tekstur yang empuk, baiknya kita menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan begitu, hasil yang didapatkan nantinya bertekstur agak kenyal sementara di luarnya bertekstur agak renyah.

Disini kita akan menggunakan dua versi penggunaan bahan pegembang yaitu organik dan kimiawi. Takaran dan proses pembuatannya memang membutuhkan penyesuaian, dan jika mengalami kegagalan saat pertama kali mencoba adalah sesuatu hal yang wajar. Lama kelamaan kita akan menguasainya dan masalah takaran dapat menggunakan 'feeling' saja.

Berikut bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat cakwe goreng yang empuk.
>> Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

Bahan Resep Cakwe Goreng

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 2 siung bawang putih, haluskan (opsional)
  3. 1 sdt garam halus
  4. 1/2 sdm gula pasir
  5. +/- 200 ml air matang
  6. 1/2 sdt ragi instan
  7. 1/4 sdt baking powder
  8. 1/4 sdt baking soda

Bahan Saus Asam Manis Pedas

  1. 2 sdm gula pasir
  2. 1 sdm cuka
  3. 1 sdt garam
  4. 1 siung bawang putih, haluskan
  5. 2 siung bawang merah, haluskan
  6. 2 bh cabe rawit, haluskan
  7. 200 ml air

Cara Membuat Cakwe Goreng Renyah dan Empuk

  • Membuat saus : satukan semua bahan saus kemudian didihkan, angkat dan sisihkan.

Membuat Adonan Cakwe

  1. Buatlah adonan biang dengan cara melarutkan gula pasir bersama dengan ragi instan serta satu sendok makan tepung terigu kedalam 100 ml air matang, aduk dan sisihkan hingga berbuih.
  2. Ayak tepung terigu bersama baking powder dan baking soda biar tidak ada gumpalan serta bahan-bahan tercampur dengan merata.
  3. Tuangkan adonan biang, bawang putih serta garam halus dan uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Tambahkan sisa air kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Perkirakan takaran air sehingga adonan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras (menyerupai adonan roti/donat).
  5. Tutup adonan dengan lap basah dan biarkan mengembang selama kurang lebih setengah jam.
  6. Setelah kurang lebih setengah jam, uleni lagi adonan hingga benar-benar kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan lagi selama minimal dua jam sampai adonan mengembang sempurna dan siap.

Menggoreng Cakwe

  1. Panaskan minyak goreng dalam jumlah agak banyak (deep fry) dalam penggorengan diatas api sedang.
  2. Kempiskan adonan, ambil kurang lebih sebesar ibu jari. Jika adonan sedikit lengket, tambahkan sedikit minyak goreng.
  3. Tarik adonan hingga memanjang dan pipihkan, buat lagi dengan ukuran yang sama.
  4. Rangkapkan dua adonan dan tekan secara membujur sehingga dua adonan yang pipih memanjang menjadi berhimpitan dan menempel satu sama lain, seperti dua jari yang dihimpitkan.
  5. Setelah minyak panas, goreng adonan tersebut hingga mengembang dan berubah warna menjadi coklat keemasan.
  6. Angkat dan tiriskan, lakukan hingga adonan habis.
  7. Sajikan cakwe bersama dengan saus asam manis pedas, mmm lezaat.
Siapa yang tidak ngiler, cakwe yang bertekstur renyah empuk dengan rasa yang gurih berpadu dengan saus asam manis pedas. Penggemar jajanan pastinya sulit melewatkan kudapan dengan rasa yang berkarakter ini.

Untuk cara membuat cakwe goreng itu sendiri, baik menggunakan pengembang organik saja maupun dengan tambahan pengembang kimiawi semua memiliki kekurangan dan kelebihan. Tinggal kita saja yang lebih prefer ke cara yang mana.

Sementara untuk takaran resep cakwe goreng itu sendiri semuanya tergantung pengalaman, semakin sering kita bereksperimen makan takaran dan proses pembuatan yang pas dapat kita kuasai dengan sendirinya. Selamat bereksperimen dan salam Jajan Pinggiran !

Resep Berikut Ini Juga Perlu Dicoba Nih!

Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Gurih
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Enak
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Abang-Abang
Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Khas Tasikmalaya
Resep dan Cara Membuat Cakwe Goreng, Renyah di Luar Empuk di Dalam
4/ 5
Oleh