Resep Rempeyek Renyah dan Garing Tanpa Menggunakan Santan

Resepi Rempeyek Tanpa Santan - Rempeyek, salah satu cemilan khas Nusantara yang digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat.

Rempeyek yang lezat itu, yang memiliki tekstur garing dan renyah, tidak getas dan tidak cepat mlempem, serta memiliki rasa yang gurih.

Untuk mendapatkan tekstur yang garing, renyah serta rasa yang gurih, biasanya ditambahkan santan pada adonan rempeyek.
resepi rempeyek tanpa santan, cara membuat rempeyek tanpa santan
Rempeyek Kacang / kokiku.tv
Namun untuk kali ini, kita tidak akan menggunakan santan sama sekali. Meski begitu, hasil akhirnya tetap renyah dan garing.

Pemilihan bahan utama juga sangat menentukan hasil akhir. Gunakan tepung beras kualitas terbaik agar hasilnya juga maksimal.

Supaya lebih renyah, kita bisa menambahkan tepung tapioka kedalam adonan. Takarannya kurang lebih 10 bagian tepung beras berbanding 1-2 bagian tepung tapioka.

Dan untuk menambah cita rasa gurih, kita bisa menambahkan bawang putih dan kemiri. Tidak perlu menggunakan penyedap, jadi lebih sehat, ya.

Untuk bahan-bahan lainnya, kita bisa simak resep selengkapnya berikut ini. Yuk!

Resepi Rempeyek Tanpa Santan, Renyah dan Garing

Bahan-Bahan

  1. 250 gr tepung beras kualitas terbaik
  2. 2 sdm tepung tapioka
  3. 1 btr telur ayam
  4. 1 sdm air kapur sirih
  5. 10 lbr daun jeruk, rajang halus
  6. garam secukupnya
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang putih
  2. 3 btr kemiri
  3. 1 sdm ketumbar

Bahan Pengisi

  1. 50 gr kacang tanah, rajang kasar
  2. udang rebon secukupnya
  3. ikan teri asin secukupnya

Cara Membuat Rempeyek Tanpa Santan

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung tapioka, air kapur sirih, bumbu halus, garam dan telur ayam.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok hingga membentuk adonan. Sesuaikan teksturnya, supaya tidak kekentalan juga tidak keenceran. Jika terlalu kental, maka rempeyek tidak akan renyah dan hasilnya terlalu tebal. Dan jika terlalu encer, rempeyek akan terlalu tipis dan mudah hancur. Jadi sesuaikan saja ya, dengan cara menggoreng 1-2 buah sebagai percobaan.
  3. Masukkan daun jeruk, juga bahan pengisi lainnya seperti kacang tanah, udang rebon dan ikan teri asin. Bahan-bahan tersebut bisa dikombinasikan atau dibuat salah satu, misal rempeyek kacang saja, rebon saja, atau ikan teri saja.
  4. Lanjut menggoreng. Panaskan minyak yang banyak diatas api sedang hingga benar-benar panas.
  5. Ambil satu sendok sayur adonan rempeyek, tuang adonan di tepian wajan dengan cara melebarkannya. Buat beberapa buah hingga pinggiran wajan penuh. Sirami dengan minyak dengan cara menyibak-nyibakkan minyak dari tengah ke tepian hingga rempeyek terlepas dari pinggiran wajan.
  6. Goreng rempeyek hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Jika ingin hasil rempeyek yang seragam dan seukuran, kita bisa menggunakan cetakan khusus rempeyek. Caranya, masukkan cetakan rempeyek pada minyak panas selama beberapa saat kemudian angkat.
  8. Tuangkan satu sendok sayur adonan kedalam cetakan, kemudian letakkan cetakan di permukaan minyak hingga adonan rempeyek menggumpal. Setelah itu, lepaskan rempeyek dari cetakan dengan cara menggoyang-goyangnya. Goreng rempeyek hingga matang sambil mengulangi langkah yang sama.
  9. Jika menggunakan cetakan martabak manis mini, tuangkan sedikit minyak pada cetakan. Panaskan cetakan diatas api kecil hingga benar-benar panas.
  10. Tuang satu sendok sayur adonan rempeyek pada tiap lubang cetakan martabak mini, biasanya memiliki 4 lubang. Biarkan hingga adonan menggumpal.
  11. Setelah adonan menggumpal, pindahkan rempeyek 'setengah matang' pada penggorengan utama dan goreng hingga matang.
loading...
Resep Rempeyek Renyah dan Garing Tanpa Menggunakan Santan
4/ 5
Oleh